Saturday 12 May 2012




GAVRILO PRINCIP, PAHLAWAN DAN PENGKHIANAT





Gavrilo Princip di penjara Terezín

Gavrilo Princip, 25 Juli 1894 - 28 April 1918) adalah orang yang terkenal karena membunuh Archduke Franz Ferdinand dari Austria dan istrinya, Sophie, Duchess of Hohenberg , di Sarajevo pada tanggal 28 Juni 1914. Princip dan kaki tangannya ditangkap dan terlibat sejumlah anggota militer Serbia, yang mengarah Austria-Hungaria mengeluarkan démarche ke Serbia dikenal sebagai Ultimatum Juli. Rangkaian dari rantai peristiwa ini yang menyebabkan Perang Dunia I. Princip adalah seorang nasionalis Yugoslavia terkait dengan gerakan Mlada Bosna (Young Bosnia) yang tidak hanya terdiri dari orang Serbia, tetapi juga orang Bosnia dan Kroasia. Selama persidangan ia menyatakan. "saya seorang nasionalis Yugoslavia, bertujuan untuk penyatuan semua Yugoslavia, dan saya tidak peduli apa bentuk negara, tetapi harus bebas dari Austria.Pada tanggal 28 Juni 1914, Gavrilo Princip berpartisipasi dalam pembunuhan di Sarajevo atas Archduke Austria. Umum Oskar Potiorek, Gubernur provinsi Austria Bosnia dan Herzegovina mengundang Franz Ferdinand dan Countess Sophie untuk pembukaan sebuah rumah sakit. Pangeran itu tahu bahwa kunjungan tersebut akan berbahaya, mengetahui pamannya, Kaisar Franz Josef, telah menjadi subyek dari upaya pembunuhan oleh Black Hand pada tahun 1911.


Tepat sebelum 10 pagi pada hari Minggu, pasangan kerajaan tiba di Sarajevo dengan kereta api. Di mobil depan adalah Fehim Čurčić, Walikota Sarajevo dan Dr Gerde, Komisaris kota Polisi. Franz Ferdinand dan Sophie berada di mobil kedua dengan Oskar Potiorek dan Letnan Kolonel Hitungan Franz von Harrach. Bagian atap mobil itu di buka untuk memungkinkan orang banyak melihat penghuninya. Keenam konspirator berjajar rute. Mereka keluar di sepanjang Quay Appel, masing-masing dengan instruksi untuk mencoba membunuh Franz Ferdinand ketika mobil kerajaan mencapai posisinya. Para konspirator pertama pada rute untuk melihat mobil bangsawan Bosnia Muhamed Mehmedbašić. Berdiri di Bank Austria-Hungaria, Mehmedbašić kehilangan keberaniannya dan memungkinkan mobil untuk lewat tanpa mengambil tindakan. Mehmedbašić kemudian mengatakan bahwa seorang polisi berdiri di belakangnya dan takut ia akan ditangkap sebelum ia sempat melemparkan bomnya. Jam 10:15 pagi, saat prosesi enam mobil melewati kantor polisi pusat, Nedeljko Čabrinović, mahasiswa berusia sembilan belas tahun melemparkan sebuah granat tangan di mobil Archduke itu. Sopir mempercepat laju mobilnya ketika melihat benda terbang ke arahnya, tapi bom itu memiliki waktu delay selama 10 detik dan meledak di bawah roda mobil keempat. Dua dari penghuni, Eric von Merizzi dan Count Ludwig Joseph von Waldeck-Boos luka parah.Sekitar selusin penonton juga terkena pecahan peluru bom. Setelah bom Čabrinović meleset dari mobil Archduke, lima komplotan lainnya, termasuk Princip, kehilangan kesempatan untuk menyerang karena ramainya kerumunan dan kecepatan tinggi dari mobil Pangeran tersebut. Untuk menghindari penangkapan, Čabrinović menelan sianida dan terjun ke Sungai Miljacka untuk memastikan dia meninggal. Pil sianida telah berakhir dan membuatnya sakit, tetapi gagal untuk membunuhnya dan Sungai Miljacka dalamnya hanya 10 cm (4 inci). Beberapa detik kemudian dia ditarik keluar dan ditahan oleh polisi. Franz Ferdinand kemudian memutuskan untuk pergi ke rumah sakit dan mengunjungi korban upaya pemboman Čabrinović yang gagal itu. 


Untuk menghindari pusat kota, Jenderal Oskar Potiorek memutuskan bahwa mobil kerajaan harus dapat berjalan lurus sepanjang Quay Appel ke Rumah Sakit Sarajevo. Namun, Potiorek lupa untuk menginformasikan kepada pengemudi, Leopold Loyka, tentang keputusan ini. Dalam perjalanan ke rumah sakit, Loyka mengambil berbelok ke kanan ke Franz Josef Street. Princip berdiri dekat kafe Moritz Schiller, setelah tampaknya menyerah, ia melihat mobil Franz Ferdinand melintas, karena salah berbelok. Setelah menyadari kesalahan tersebut, pengemudi menginjak rem, dan mencoba mundur. Tetapi mesin dari mobil mogok dan roda gigi terkunci, memberikan Princip kesempatan. Princip melangkah maju, mengeluarkan FN Model 1910 pistol miliknya, pistol membuat pejalan kaki di sekitarnya kabur, dan pada jarak sekitar 1,5 m (lima kaki), peluru tersebut ditembakan dua kali ke dalam mobil. Franz Ferdinand tertembak di bagian leher dan Sophie (yang secara naluriah menutupi tubuh Franz dengan badannya sendiri setelah tembakan pertama) terkena di bagian perut, dan mereka berdua meninggal sebelum 11 pagi.
Penangkapan Princip (kedua dari kanan)














PENANGKAPAN DAN DI ADILI
Princip mencoba bunuh diri pertama kali dengan pistol, kemudian dengan menelan sianida, tapi dia memuntahkan racun itu (seperti yang dilakukan Čabrinović, memimpin polisi untuk percaya kelompok itu telah tertipu dan membeli racun jauh lebih lemah). Pergumulan sempat terjadi untuk memperebutkan pistolnya sebelum ia sempat menembakkan tembakan lain. Princip masih terlalu muda untuk menerima hukuman mati, dua puluh tujuh hari lagi sebelum ulang tahun kedua puluhnya pada saat melakukan pembunuhan itu membuatnya tidak bisa menerima hukuman mati. Sebaliknya, ia menerima hukuman maksimum dua puluh tahun penjara. Ia ditahan dalam kondisi yang keras yang diperburuk oleh perang. Dia terkena TBC, dan salah satu tangannya diamputasi di penjara ketika penyakit itu terinfeksi ke tulang lengannya. Ia meninggal pada 28 April 1918 di Terezin 3 tahun dan 10 bulan setelah ia membunuh Archduke dan Duchess. Pada saat kematiannya, Princip beratnya sekitar 40 kilogram (88 pon), melemah karena kekurangan gizi, kehilangan darah dari lengannya diamputasi, dan penyakit. 


Pengadilan Princip















Takut tulangnya akan menjadi relik, salah seorang sipir Austria mengambil tubuh Princip secara rahasia ke sebuah makam tak bernama, tapi seorang tentara Ceko ditugaskan ke pemakaman untuk membuat peta tempat dimana dia di makamkan, dan pada tahun 1920 jasad Princip dan beberapa orang yang lain yang di sebut "Pahlawan Vidovdan" dipindahkan dan dibawa ke Sarajevo, dimana mereka dikuburkan bersama-sama di bawah kapel di Pemakaman St Markus dengan tulisan "dibangun untuk memperingati para Pahlawan Serbia kita dalam keabadian". Rumah tempat tinggal Gavrilo Princip di Sarajevo dihancurkan selama Perang Dunia I. Setelah perang, menjadi salah satu museum di Kerajaan Yugoslavia. Yugoslavia ditaklukkan oleh Jerman pada tahun 1941 dan Sarajevo menjadi bagian dari fasis Kroasia. Para Ustaše (Gerakan Revolusionis Kroasia) menghancurkan rumah itu lagi. Setelah pembentukan komunis Yugoslavia pada tahun 1944, rumah Gavrilo Princip menjadi museum lagi dan ada lagi museum yang didedikasikan kepadanya di dalam kota Sarajevo. Selama Perang Yugoslavia tahun 1990-an, rumah Gavrilo Princip hancur untuk ketiga kalinya oleh pemerintah, upaya untuk membangun kembali rumah tersebut belum juga diumumkan. Museum Gavrilo Princip telah berubah menjadi museum yang didedikasikan untuk Archduke Franz Ferdinand dan monarki Habsburg. Sebelum tahun 1990-an, situs di trotoar tempat Princip berdiri untuk menembakkan tembakan fatalnya ke Archduke tersebut ditandai dengan jejak kaki. Tapi kemudian dihapus sebagai konsekuensi dari perang 1992-1995 di Bosnia dan persepsi tentang Princip adalah seorang nasionalis Serbia. Kemudian, monumen peringatan dari kayu sederhana ditempatkan dekat lokasi pembunuhan itu dengan kata-kata "Semoga Damai Tersebar Ke Seluruh Dunia" dalam bahasa Bosnia, Serbia dan Inggris. Ada sebuah plakat di depan museum di tempat di mana Gavrilo Princip berdiri ketika ia melepaskan tembakan.


Pistol yang digunakan Princip untuk membunuh
Franz Ferdinand

Pistol Princip disita oleh penguasa, dan akhirnya diberikan, bersama dengan kaos berdarah yang dipakai sang Adipati Agung, kepada Anton Puntigam, seorang imam Yesuit yang merupakan teman dekat Pangeran dan sempat memberikan Pangeran dan istrinya sebuah ritus terakhir. Pistol dan kemeja tetap dalam kepemilikan Yesuit Austria tersebut sampai kemudian ditawarkan untuk pinjaman jangka panjang ke Museum Heeresgeschichtliches di Wina pada tahun 2004. Pistol ini sekarang jadi bagian tetap dari pameran tersebut.




SUMBER

13 comments:

  1. That was an Excellent Article. You Made some Great points and I am thankful for your information!
    Online Dating Services coupon code

    ReplyDelete
  2. Terimakasih mas :D
    Jadi terbantu buat nggarap tugas, blog mas saya temuin dari buku Sejarah :D

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. terima kasih sangat membantu.

    ReplyDelete
  5. Bang, alasan serbia mempersenjatai gaunel prinsip untuk menembak mati untuk pangeran austria apa?

    ReplyDelete
  6. keinginan Serbia untuk merdeka dan melepaskan diri dari Austria-Hongaria menyebabkan perang dunia pertama

    ReplyDelete
  7. info menarik, komentar juga ya ke blog saya www.belajarbahasaasing.com

    ReplyDelete
  8. Yang berkuasa jadi target, yang lemah di manfaatkan, yang kuat jadi mesin.
    Pemenangnya sang wayang. Hehe

    ReplyDelete
  9. Kemren.. ni artikel dapat melengkapi catatan sejarah w,thanks wey yg bikin ni blog wkwk

    ReplyDelete